Rabu, 08 Januari 2014

OPC, APC, ROUTING SHEET DAN MPPC



Peta proses operasi merupakan suatu diagram yang menggambarkan langkah-langkah proses yang akan dialami bahan baku mengenai urut-urutan operasi dan pemeriksaan. Sejak dari awal sampai menjadi produk jadi utuh maupun sebagai komponen dan juga memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk analisa lebih lanjut seperti waktu yang dihabiskan, material yang digunakan dan tempat atau alat mesin yang dipakai. Suatu peta proses operasi dicatat hanyalah kegiatan-kegiatan operasi dan pemeriksaan saja, kadang-kadang pada akhir proses dicatat tentang penyimpanan (Sutalaksana, 2006). Peta proses operasi adalah suatu peta yang menggambarkan urutan kerja dengan jalan membagi pkerjaan tersebut menjadi elemen-elemen operasi secara detail. Tahapan proses operasi kerja harus diuraikan secara logis dan sistematis (Sritomo, 2000).
            Gambaran dari urutan-urutan aliran komponen dan rakitan bagian ke dalam rakitan untuk membentuk suatu produk jadi. Peta ini digunakan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian proses. Peta ini menunjukkan kebutuhan material yang digambarkan sesuai urutan-urutan aliran komponen dan rakitan-rakitan produk ke dalam suatu rakitan produk (James Apple, 1990). Peta proses rakitan menunjukkan cara yang mudah dipahami tentang:
1.      Komponen-komponen yang membentuk produk
2.      Bagaimana komponen-komponen ini bergabung bersama
3.      Komponen yang menjadi bagian suatu rakitan bagian
4.      Aliran komponen ke dalam sebuah rakitan
5.      Keterkaitan antara komponen dengan rakitan bagian
6.      Gambaran menyeluruh dari proses rakitan
7.      Urutan waktu komponen bergabung bersama
8.      Suatu gambaran awal dari pola aliran bahan
            Routing sheet adalah suatu proses penyimpanan langkah-langkah oprasi yang diprlukan untuk merubah bahan baku menjadi produk jadi yang dikehendaki, dimana untuk proses tersbut dibutuhkan informasi-informasi mengenai proses produksi. Membuat peta proses operasi membutuhkan sutau dokumen utama yang dikenal dengan nama Master Route Sheet atau Routing Sheet. Tahap awal yang harus di!akukan sebe!um kegiatan produksi dimulai adalah mengidentifikasi ataupun menentukan urut-urutan mesin/peralatan, proses dan operasi yang sesuai dengan kebutuhan dan efisiensi. Digunakan untuk mengetahui jalannya proses produksi dari komponen-komponen kursi kita dapat menggunakan pola peta proses produksi. Hasil identifkasi ataupun penentuan ini biasanya disajikan dalarn bentuk apa yang dinamakan dengan routing sheet. Routing Sheet ini merupakan hal yang sangat penting bagi pengawasan produksi, karena merupakan penentuan mutu produk yang akan dibuat, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk rrrengerjakan setiap kegiatan produk tersebut. Umumnya, selain menyajikan urut-urutan mesin/peralatan, proses dan operasi, routing sheet ini juga memuat antara lain kapasitas mesin / peralatan, % scrap, serta jumlah kebutuhan bahan / mesin /  peralatan. Sehingga untuk keperluan perhitungan kebutuhan bahan, mesin ataupun peralatan, routing sheet ini dapat dipergunakan (library.binus.ac.id, 2013).
Suatu peta yang digunakan untuk menganalisa suatu aliran barang dalam pabrik yang sudah ada maupun untuk perencanaan pabrik baru dan mempunyai keterkaitan dengan peta proses operasi (OPC). MPPC juga merupakan suatu diagram yang menunjukkan urutan-urutan proses untuk masing-masing komponen yang akan diproduksi. Beberapa teknik yang digunakan dalam merencanakan aliran proses produksi yang nanti akan dibahas mengenai (library.binus.ac.id, 2013).
1.      Peta Produk Darab
Berguna untuk menunjukkan keterkaitan produksi antara komponn produk atau antar produk mandiri, bahan, bagian, pekerjaan atau kegiatan.
2.      Diagram Tali
Peta yang menggambarkan aliran unsure pada tata letak daerah tertentu dengan menggunakan tali bnang untuk menunjukkan perpindahan elemen pada suatu daerah.
3.      Peta Proses
Teknik yang paling umum dalam perencanaan dan penganalisaan aliran barang.
4.      Diagram Aliran
Suatu gambaran grafis dari langkah-langkah proses yang dibuat atas tata letak suatu tempat yang sedang dikaji.
5.      Peta Aliran Proses
Kombinasi antara OPC dan APC yang digambarkan secara keseluruhan proses secara lengkap pada grafisnya.
6.      Peta Dari Ke
Teknik baru yang digunakan dalam pekerjaan tata letak dan material handling peta ini berguna apabila barang mengalir pada suatu wilayah sangat banyak.
7.      Peta Prosedur
Teknik yang digunakan untuk menunjukkan aliran komunikasi lisan atau tertulis kegiatan dpartemn, manusia dan untuk menunjukkan aliran barang yang di ikat oleh komunikasi tersebut. 


Sumber:
Apple, James  M.  Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.    aaaaaaaa1990.
Sutalaksana, Iftikar Z. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung. 2006.
Wignjosoebroto, Sritomo. Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan.  Edisi Ketiga. Cetakan Kedua. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya. 2000.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © Tejooo
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com